LAZNAS AL IRSYAD

Pada masa Rasulullah SAW, ada seorang sahabat yang sangat terkenal dengan sifat kedermawanannya. Ia hidup dengan kekayaan harta yang bergelimpah, namun tidak ada sedikit rasa sombong pada dirinya. Abdurrahman bin Auf namanya, salah satu sahabat yang Rasulullah janjikan masuk surga kelak.

Sahabat Rasulullah yang satu ini selalu membagikan hartanya untuk keperluan orang banyak, mulai dari kebutuhan peperangan hingga membantu mereka yang kesusahan.

Suatu hari, Abdurrahman bin Auf menjual tanah seharga 40 ribu dinar, tanah yang dijual bukan untuk memperkaya dirinya melainkan untuk bersedekah. Setelah tanahnya terjual, Abdurrahman bin Auf membagikan hasil penjualannya kepada fakir miskinn dari Bani Zurah dan mereka yang membutuhkan. Kebaikan hati dari Abdurrahman bin Auf bisa menjadi inspirasi untuk kita agar selalu berbuat baik dengan bersedekah.

Sifat baiknya juga tergambar dalam sebuah kisah berikut , Naufal bin al-Hudzali berkata, “Dahulu Abdurrahman bin Auf Radhiyallahu anhu teman bergaul kami. Beliau adalah sebaik-baik teman. Suatu hari dia pulang ke rumahnya dan mandi. Setelah itu dia keluar, ia datang kepada kami dengan membawa wadah makanan berisi roti dan daging kemudian dia menangis.”

Lalu mereka bertanya, “Wahai Abu Muhammad (panggilan Abdurrahman), apa yang menyebabkan kamu menangis?”

Abdurrahman bin Auf pun menjawab, “Dahulu Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam meninggal dunia dalam keadaan beliau dan keluarganya belum kenyang dengan roti syair. Aku tidak melihat kebaikan kita diakhirkan.”

Semasa hidupnya, kurang lebih Abdurrahman bin Auf telah bersedekah sebanyak 2000 dinar (atau sekitar Rp.2,4 miliar) saat Nabi Muhammad menyeru kepada umat Islam untuk berinfakd di jalan Allah SWT.

Sahabat LAZNAS Al-Irsyad, sifat baik dan rajin bersedekah dari Abdurrahaman bin Auf sangat patut untuk ditiru. Dengan bersedekah dapat memunculkan rasa bahagia, sebab berbagi dengan orang lain selain mendapatkan pahala juga memberikan kebermanfaatan. Mari bersama kami meneladani sifat Abdurrahman bin Auf dengan bersedekah untuk sesama melalui Rekening Donasi a.n LAZNAS Al-Irsyad 715 752 7352.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *